Total Tayangan Halaman

Jumat, 05 Juli 2013

KARAKTERISTIK YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN

KARAKTERISTIK YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN Abstrak Manajamen Pemasaran Perilaku konsumen adalah suatu tingkah laku dari konsumen,dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli,menggunakan,mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang. Ada dua wujud konsumen yaitu : 1. Personal consumer: konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaanya sendiri. 2. Organanizational consumer: konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalakan organisasi tersebut. Karakteristik Pribadi Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Keputusan membeli dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahap daur hidup pekerjaan, situasi ekonomi,gaya hidup,serta kepribadian dan konsep diri pembeli. • Umur • Pekerjaan • Sitausi ekonomi • Kepribadian Tipe Perilaku Pembelian Konsumen Tipe perilaku konsumen berdasarkan tingkat keterlibatan pembelian dan tingkat perbedaan diantar merek yang terdiri dari : 1. Perilaku pembelian komplek : terjadi ketika mereka sangat terlibat dalam pembelian dan mempunyai persepsi yang signifikan mengenai perbedaan merek. 2. Perilaku pembelian disonasi : terjadi ketika konsumen mempunyai keterlibatan yang tinggi dengan pembelian yang mahal,tidak sering atau beresiko,namum melihat sedikit perbedaan antara merek. 3. Perilaku pembelian kebiasaan: terjadi dalam kondisi dimana konsumen mempunyai keterlibatan rendah dan terdapat perbedaan yang signifikan antar merek. 4. Perilaku konsumen pencarian variasi : terjadi ketika konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang rendah tetapi memprespsikan adanya perbedaan merek.

BUDGET PENJUALAN

Pengertian budget penjualan
Budget yang direncanakan secara lebih terperinci tentang penjualanperusahaan selama periode yang akan datang. Kegunaan Budget Penjualan Secara umum : sebagai pedoman kerja,sebagai alat pengkoordinasian sebagai alat pengawasan kerja yang membantu manajemen dalam memimpin jalanya perusahaan. Secara khusus : budget penjualan berguna sebagai dasar penyusunan semua budget-budget dalam perusahaan. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyusunan budget penjualan 1. Faktor intern 2. Faktor extern Rencana penjualan dan ramalan : Menurut sifatnya cara (metode) untuk melakukan penaksiran-penaksiaran tersebut dapat dibedakan menjadi 2 yaitu : 1. Yang bersifat kualitatif (non statiskal method atau opinion method) , ialah car menaksirkan yang menitik beratkan pada pendpat seorang. 2. Yang bersifat kualitatif ( statistical method), ialah cara penaksiran yang menitik beratkan pada perhitungan-perhitungan angka dengan menggunakan bergabai metode statistika.

ANALISA HARGA POKOK VOLUME LABA DAN ANALISA KONTRIBUSI

Dasar Dari Analisa Kontribusi
Analisa kontribusi melibatkan satu seri teknik analisa yang digunakan untuk mengevaluasi damfak dari perubahan volume penjualan,harga jual,biaya tetap,dan biay variabel terhadap laba. Analisan kontribusi ini memfokuskan pada margin kontribusi yaitu pendapatan penjualan dikurangi biaya tetap variabel.
Analisa Titik Impas/Analisa Cost-Provit-Volume (CPV)
 Suatu keadaan dimana penghasilan dai penjualan hanya cukup untuk menutupi biaya,baik yang bersifat variabel maupun yang bersifat tetap.
 Menunjukan bagaimana jumlah keuntungan yang diperoleh akan berubah jika terhadi perubahan pada salah satu atau lebih dari faktor berikut : a. Harga jual b. Volume ( unit yang terhual) c. Biaya produksi dan biaya usaha MANFAAT ANALISA BEP DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN 1. Memberikan gambaran tentang batas jumlah penjualan minimal yang harus diusahakan agar perusahaan tidak rugi. 2. Menentukan jumlah penjualan yang seharusnya diperoleh pada persyaratan tertentu.