Total Tayangan Halaman

Sabtu, 07 Januari 2012

PROSES PEMBENTUKAN BUMI

Saya eaffin retnosari mahasiswa universitas Gunadarma , akan menjelaskan tentang pembentukan planet-planet ,sebelum kita membahas lebih lanjut mari ku\ita ketahui terlebih dahulu proses terjadinya bumi.
Bumi adalah planet tempat tinggal seluruh makhluk hidup beserta isinya. Sebagai tempat tinggal makhluk hidup, bumi tersusun atas beberapa lapisan bumi, bahan-bahan material pembentuk bumi, dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya. Bentuk permukaan bumi berbeda-beda, mulai dari daratan, lautan, pegunungan, perbukitan, danau, lembah, dan sebagainya.Bumi sebagai salah satu planet yang termasuk dalam sistem tata surya .
bumi merupakan salah satu planet yupiter yang gagal terbentuk.
Teori pembentukan planet yang umumnya dipercaya saat ini adalah akresi inti. Mulanya, ada piringan gas raksasa di sekitar bintang yang baru lahir. Partikel debu pada piringan itu bergabung membentuk objek yang lebih besar disebut planetesimal yang kemudian membentuk struktur yang lebih besar.

Akibat proses itu, massa yang terbentuk pun lebih besar. Pada satu massa tertentu, disebut massa kritis, gravitasi akan menarik massa gas dari piringan yang terdapat di sekitar gumpalan tersebut. Demikianlah, planet batuan kemudian terbentuk dari proses yang panjang dan rumit tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar