Total Tayangan Halaman

Jumat, 14 Juni 2013

JURNAL AKUTANSI

PENGERTIAN JURNAL
Jurnal adalah terbitan berkala yang berbentuk pamplet berisi bahan yang sangat diminati orang saat diterbitkan. Bila dikaitkan dengan kata ilmiah dibelakang kata jurnal dapat terbitan berarti berkala yang berbentuk pamplet yang berisi bahan ilmiah yang sangat diminati orang saat diterbitkan.
TUJUAN MENULIS RESENSI
Memberi (menjual) informasi Mencerahkan jiwa Mengabdikan sejarah Expresi diri Mengedepankan idealisme
PENGERTIAN RESENSI
Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya atau buku. Dengan demikian resensi dapat dikatakan sebagai suatu komentar atau ulasan seorang penulis atau sebuah hasil karya,baik buku,film,karya seni,maupu produk yang lain. Misalnya buku karya ilmiah,laporan hasil penelitian,majalah ilmiah,novel,cerpen,drama/atau lakon dan sejenisnya.
TUJUAN PENULISAN RESENSI
Pertama penulis resensi ingin menjabatani keinginan atau selera penulis kepada pembacanya. Kedua penulis ingin menyampaikan informasi kepada pembaca apakah buku atau hasil karya yang diresensika itu layak mendapatkan sambutan masyarakat atau tidak.
CARA MENULIS RESENSI
Penulis resensi seyogyanya mempertimbangkan hal-hal berikut :
Landasan filosofis penulis Harapan pembaca Harapan penulis dan pembaca Materi tulisan MATERI YANG DIRESENSI
Resensi diharapkan menyajikan materi buku dengan tepat melipti :
Landasan filosopi penulis karya asli Kekuatan dan kelemahan karya yang diresensi Substansi karya diresensi bagian per bagian, bab perbab. Fisik karya yang diresensi termasuk ukuran buku,kertas huruf yang dipergunakan, tinta , warna jilid,gambar dan ilustrasi.
LANGKAH-LANGKAH DALAM MEMBUAT RESENSI KARYA
Mengamati suatu karya Membaca isi suatu karya Membuat ringkasan Memaparkan isi dan mutu suatu karya
SISTEMATIKA RESENSI Cantumkan tema atau judul karya yang akan diresensi Sebutkan nama pengarang,judul,penerbit,jumlah bab dan jumlah halaman. Kemukan sistematika bahasa, ringkasan karya yang diresensi. Sampaikan pendapat dan simpulan penulis resensi secara pribadi. Tuliskan identitas penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar