Total Tayangan Halaman

Jumat, 05 Juli 2013

KARAKTERISTIK YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN

KARAKTERISTIK YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN Abstrak Manajamen Pemasaran Perilaku konsumen adalah suatu tingkah laku dari konsumen,dimana mereka dapat mengilustrasikan pencarian untuk membeli,menggunakan,mengevaluasi dan memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang. Ada dua wujud konsumen yaitu : 1. Personal consumer: konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaanya sendiri. 2. Organanizational consumer: konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalakan organisasi tersebut. Karakteristik Pribadi Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Keputusan membeli dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahap daur hidup pekerjaan, situasi ekonomi,gaya hidup,serta kepribadian dan konsep diri pembeli. • Umur • Pekerjaan • Sitausi ekonomi • Kepribadian Tipe Perilaku Pembelian Konsumen Tipe perilaku konsumen berdasarkan tingkat keterlibatan pembelian dan tingkat perbedaan diantar merek yang terdiri dari : 1. Perilaku pembelian komplek : terjadi ketika mereka sangat terlibat dalam pembelian dan mempunyai persepsi yang signifikan mengenai perbedaan merek. 2. Perilaku pembelian disonasi : terjadi ketika konsumen mempunyai keterlibatan yang tinggi dengan pembelian yang mahal,tidak sering atau beresiko,namum melihat sedikit perbedaan antara merek. 3. Perilaku pembelian kebiasaan: terjadi dalam kondisi dimana konsumen mempunyai keterlibatan rendah dan terdapat perbedaan yang signifikan antar merek. 4. Perilaku konsumen pencarian variasi : terjadi ketika konsumen mempunyai tingkat keterlibatan yang rendah tetapi memprespsikan adanya perbedaan merek.

1 komentar: